Wednesday, April 23, 2008

Medical Symbol





Sehari setelah hari kartini, beberapa jam setelah Liverpool imbang 1-1 melawan Chelsesa dalam semifinal Champions, mungkin beberapa orang masih dalam perenungan 'Habis Gelap, Terbitlah Terang' atau masih kecewa dengan hasil Liverpool namun tidak bagi blog ini, beberapa hari yang lalu saya bertanya dengan beberapa anak Kedokteran "apa sih arti lambang pengobatan yang ada dalam buku-buku tebal dan sablonan baju putih kalian?" sebuah jawaban yang mencengangkan, mereka juga tidak tahu apa itu. WOW....


ada yang tahu??

jujur saya juga ga tahu apa itu, tp setelah melihat Wikipedia ada baiknya jika informasi yang sering diabaiakan bahkan oleh anak-anak Kedokteran sendiri ini saya paparkan dalam bahasa yang paling sederhana.

Simbol diatas adalah Gambar dua ekor ular yang sedang melilit galah Aesculapius (biasa disebut Asklepios), Dewa pengobatan kuno. Sebenarnya dia pernah hidup dan ahli pengobatan dan mendirikan sebuah pusat pengobatan dan penyembuhan sakit jiwa. Para pengikutnya mendirikan sebuah kuil untuk memujanya yang mereka sebut dengan Kuil Asclepion, kuil Asklepio, kuil Penyembuhan. Kelompok terbesar Asklepios mempercayai sebuah pohon besar diselatan Corinth, Yunani, dimana yang orang yang sakit diwajibkan menginap malam hari dibawah pohon tersebut yang nantinya para penyembuh akan menyembuhkan sakit mereka lewat mimpi dan biasanya mereka harus mengorbankan (biasanya Ayam Jago) untuk dikorbankan untuk dewa.

Berdasarkan mitologi, Asklepios memiliki dua orang anak, Hygieia, Dewi kesehatan (dari mananya inilah datang kata"Hygiene") dan Panaceia, Dewi Penyembuhan (dari namanya ini datang kata "panacea")

Hari ini, Galah yang pakai oleh Asklepios menjadi simbol dari obat. simbol ini dipakai oleh American Medical Association, dan beberapa asosiasi pengobatan dunia lainya.

so jika lain kali ada yang nanya soal simbol ini, sekurangnya kita punya jawaban yang singkat. Lebih baik ada daripada tidak sama sekali. :)

No comments: